Pembelajaran Inkuiri: Siswa Mencar Ilmu Secara Mendalam

Sebuah kelas yg didalamnya diterapkan pembelajaran inkuiri akan mendorong siswanya untuk berguru suatu permasalahan secara lebih mendalam. Siswa mencari sendiri jawaban-jawaban yg mereka buat melalui bermacam-macam sumber informasi yg mungkin  diperolehnya. Akan tetapi hal ini tidak semudah itu berlangsungnya, harus ada iklim berguru yg mendukung dan adaptasi dari guru semoga siswa terbiasa menjadi pebelajar mandiri.

Budaya dan iklim kelas yg mendukung pembelajaran inkuiri ialah mutlak semoga pelaksanaan proses berguru secara inkuiri ini sukses. Paling tidak guru harus memperhatikan budaya dan iklim kelas berikut ini.

Sebuah kelas yg didalamnya diterapkan pembelajaran inkuiri akan mendorong siswanya untuk Pembelajaran Inkuiri: Siswa Belajar secara Mendalam
guru harus bisa memodelkan proses inkuiri dalam pembelajarannya

Guru Juga Memberikan Teladan Bagaimana Berpikir Secara mendalam Melalui Inkuiri

Perlu dicatat oleh guru bahwa bila ia ingin siswanya ber-inkuiri selama proses pembelajaran di kelasnya, maka ia juga harus bisa memodelkan bagaimana berpikir dan berguru dengan proses inkuiri. Belajar dengan inkuiri memerlukan perencanaan yg matang dari guru. Ia sanggup memulai dengan menyiapkan beberapa stimulus dan pertanyaan-pertanyaan yg akan membuat. siswa dan dirinya sendiri berusaha mencari tahu ihwal topik yg sedang dibahas. Guru perlu memodelkan kepada siswa bagaimana ia berpikir, mencakup pengajuan pertanyaan, proses pengumpulan informasi, sampai mengolah informasi yg diperoleh itu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yg tadi diajukan. Juga, guru perlu mengajarkan bagaimana merevisi pertanyaan-pertanyaan yg telah diajukan menjadi pertanyaan-pertanyaan gres sehingga pembelajaran inkuiri itu selalu bersiklus. Ini akan membuat. guru dan siswa yg terlibat dalam pembelajaran inkuiri akan berguru secara lebih mendalam, dan tentunya nanti juga akan memperlihatkan pemahaman yg lebih mendalam pula ihwal topik yg sedang dikaji.


Komunitas dan Iklim Kelas yg Nyaman untuk Pembelajaran Inkuiri

Guru harus mempersiapkan iklim dan budaya kelas yg nyaman untuk melsayakan proses pembelajaran inkuiri. Di dalam kelas yg menyerupai ini, siswa atau guru sanggup dengan nyaman berbicara secara bergiliran sementara yg lainnya mendengarkan. Semua orang merasa bebas dan nyaman untuk menyuarakan wangsit atau gagasan atau melontarkan pertanyaan yg "terdengar paling bodoh" sekalipun. Tidak ada rasa aib atau segan alasannya ialah tsayat diejek atau terintimidasi.

Lebih Sering Melaksanakan Pembelajaran Berbasis Inkuiri

Biar bagaimanapun, berlatih ialah kunci untuk membiasakan otak dan pikiran siswa, juga untuk guru. Keterampilan berpikir melsayakan proses inkuiri akan tumbuh dengan sendirinya bila guru sering menerapkan pembelajaran inkuiri di dalam kelasnya.

Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Inkuiri

Kehidupan siswa jaman kini ialah kehidupan yg bersahabat dengan teknologi, utamanya teknologi informasi. Gunakan informasi-informasi yg berbasis teknologi informasi untuk mendukung sumber belajar. Siswa lebih menyukai interaksi dengan teknologi ini, walaupun tetap guru juga menyediakan bermacam-macam sumber lain yg sesuai dengan topik pembelajaran. Biar bagaimanapun juga, selain integrasi teknologi, penggunaan bahan. dan sumber yg variatif juga sangat penting.

Pembelajaran Relevan dengan Kehidupan Sehari-Hari

Siswa hidup dengan lingkungannya, dan lingkungan mereka ialah hal yg tak sanggup dipisahkan dari mereka. Karena itu selalulah berusaha untuk membuat. pembelajaran inkuiri yg dilaksanakan di kelas sesuai dengan kehidupan mereka sehari-hari. Isu-isu yg sedang hangat di kalangan siswa sanggup diangkat sedemikian rupa secara kreatif sehingga menarik dan bermakna bagi mereka.

Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inkuiri
Kelebihan dan Kelemahan Model Pembelajaran Inkuiri
Prinsip-Prinsip Pembelajaran Inkuiri
Pembelajaran Inkuiri : Fakta-Fakta

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pembelajaran Inkuiri: Siswa Mencar Ilmu Secara Mendalam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel