Langkah-Langkah Umum Pembelajaran Kurikulum 2013

3 Langkah Umum Pembelajaran Kurikulum 2013

Pelaksanaan pembelajaran dalam implementasi Kurikulum 2013 di sekolah-sekolah harus mengikuti langkah-langkah umum yg telah dipedomankan untuk guru. Pelaksanaan pembelajaran merupakan penerapan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yg telah dikembangkan secara hati-hati dan penuh pertimbangan oleh guru. Pada dasarnya, kegiatan pelaksanaan pembelajaran pada Kurikulum 2013 harus memuat 3 hal berikut: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

 Pelaksanaan pembelajaran dalam implementasi Kurikulum  Langkah-Langkah Umum Pembelajaran Kurikulum 2013
Add captionLangkah-Langkah Umum Pembelajaran Kurikulum 2013

Kegiatan Pendahuluan

Kegiatan pendahuluan ialah kegiatan yg pertama kali harus dilsayakan guru dikala memulai pembelajaran di kelasnya. Pada kegiatan pendahuluan, guru harus:
  • Mempersiapkan penerima didik baik psikis maupun fisik sehingga sanggup nantinya mengikuti proses pembelajaran dengan baik
  • Memberikan motivasi mencar ilmu kepada siswa yg bersifat kontekstual perihal manfaat dan aplikasi bahan asuh dalam kehidupan sehari-hari, dengan memperlihatkan tumpuan dan perbandingan lokal, nasional dan bahkan internasional.
  • Mengajukan pertanyaan-pertanyaan dengan cara mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan bahan yg akan dipelajari pada dikala itu
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yg akan dicapai melalui acara pembelajaran yg akan mereka ikuti
  • Menyampaikan luasan csayapan bahan pembelajaran beserta klarifikasi uraian kegiatanyg akan dilsayakan sbgmana yg telah direncanakan menyerupai dalam silabus dan RPP.

Kegiatan Inti

Pada kegiatan inti yg merupakan bab dengan alokasi waktu terbesar dari yg disediakan, dipakai model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber mencar ilmu yg diubahsuaikan dengan karakteristik penerima didik dan mata pelajaran. Adapun pemilihan pendekatan tematik dan/atau tematik terpadu dan/atau saintifik dan/atau inkuiri dan penyingkapan (discovery) dan/atau pembelajaran yg menghasilkan karya berbasis pemecahan problem (project based learning) harus sesuai dengan karakteristik kompetensi yg ingin dicapai oleh siswa dan jenjang pendidikan.

Ada 3 jenis aspek kompetensi yg harus dicapai melalui pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan inti ini, yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Sikap

Pada kegiatan inti, untuk memfasilitasi siswa dalam mencapai kompetensi terakait sikap, maka salah satu alternatif yg dipilih ialah proses afeksi mulai dari menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, sampai mengamalkan. Seluruh acara pembelajaran berorientasi pada tahapan kompetensi yg mendorong siswa untuk melsayaan acara tersebut.

Pengetahuan

Pengetahuan sanggup dikuasai dan dimiliki oleh penerima didik dengan melalui bermacam-macam acara mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, sampai mencipta. Adapun kKarakteritik aktivititas mencar ilmu dalam domain pengetahuan ini mempunyai perbedaan dan kesamaan dengan acara mencar ilmu dalam domain keterampilan yg akan dibahas sebentar lagi. Untuk memperkuat pendekatan saintifik, tematik terpadu, dan tematik sangat disarankan untuk menerapkan mencar ilmu berbasis penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry learning). Untuk mendorong penerima didik menghasilkan karya kreatif dan kontekstual, baik individual maupun kelompok, disarankan memakai pendekatan pembelajaran yg menghasilkan karya berbasis pemecahan problem (project based learning).

Keterampilan

Kompetensi keterampilan akan sanggup diperoleh penerima didik dengan melalui bermacam-macam kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta. Seluruh isi bahan (topik dan subtopik) mata pelajaran yg diturunkan dari keterampilan harus mendorong siswa untuk melsayakan proses pengamatan sampai penciptaan. Untuk mewujudkan keterampilan tersebut perlu melsayakan pembelajaran yg menerapkan modus mencar ilmu berbasis penyingkapan/penelitian  (discovery/inquiry learning) dan pembelajaran yg menghasilkan karya berbasis pemecahan problem (project based learning).

Kegiatan Penutup

Pada kegiatan epilog yg merupakan bab tamat dari pelaksanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013, guru bersama siswa baik secara individual maupun kelompok harus melsayakan refleksi biar sanggup melsayakan penilaian terhadap:
  • Semua rangkaian kegiatan mencar ilmu atau acara pembelajaran beserta hasil-hasil yg diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat eksklusif maupun tidak eksklusif dari hasil pembelajaran yg telah berlangsung
  • Guru memperlihatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
  • Guru melsayakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pertolongan tugas, baik kiprah individual maupun kelompok
  • Guru kemudian harus pula memperlihatkan gosip perihal planning kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

Pelaksanaan Pembelajaran Menurut Kurikulum 2013
Komponen-Komponen RPP Menurut Kurikulum 2013
Komponen-Komponen Silabus Menurut Kurikulum 2013
Karakteristik Pembelajaran Kurikulum 2013
Standar Proses pada Kurikulum 2013

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Langkah-Langkah Umum Pembelajaran Kurikulum 2013"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel