Media Pembelajaran SD Sederhana dari Barang Bekas
Beberapa waktu yg kemudian anak aku Alifa kesulitan mencar ilmu perihal materi jam (waktu). Saat ini ia sekolah di jenjang SD (sekolah dasar). Nah untuk mempermudah belajarnya, kami membuat. media pembelajaran sederhana. Kebetulan di rumah ada bekas kotak sarung bapaknya. Ditambah beberapa bahan. penunjang lainnya dan peralatan sederhana, jadilah media pembelajaran untuk SD berupa model jam tersebut.
Untuk menambah minat anak terhadap media pembelajaran sederhana dari barang bekas ini, kita sanggup mengajak anak untuk membuat.nya dengan bantuan. Karena mungkin untuk beberapa pekerjaan (langkah) mereka masih kesulitan atau berhaya tanpa pengawasan orang tua, apalagi pada bawah umur yg masih sangat mudah. Diharapkan media pembelajaran ini sanggup benar-benar membantu mereka membaca jam berdasarkan jarum-jarum yg sanggup diputar-putar itu.
Nih lihat, bangganya Alifa mengatakan model jam yg dibuatnya.
|
Alifa dan media pembelajaran sederhana model jam dari barang bekas |
Alat dan Bahan
Adapun alat-alat dan bahan.-bahan. yg diharapkan untuk membuat. media pembelajaran jam sederhana menyerupai gambar yg ditunjukkan Alifa di atas yaitu sbg berikut:
Alat
Adapun alat-alat yg digunakan untuk membuat. media pembelajaran jam sederhana ini adalah:
- gunting
- lem tembak
- cutter atau pisau
- spidol
- piring atau benda berbentuk bulat lainnya
Bahan
Adapun bahan.-bahan. yg digunakan untuk membuat. media pembelajaran jam sederhana ini adalah:
- Kotak bekas kemasan sarung
- Batang plastik lem tembak
- lem kertas
- Kertas karton berwarna
Cara Membuat Media Pembelajaran SD: Model Jam
- Ambil selembar kertas karton berwarna (Alifa memakai karton warna merah).
- Kita akan menjadikannya piringan jam.
- Gunakan piring dan spidol untuk membuat. lingkaran, pastikan ukuran piring sesuai dengan ukuran kotak sarung yg digunakan (masuk di dalam kotak/diameternya sedikit lebih kecil dari panjang dan lebar kotak).
- Perhatikan gambar. Alifa sanggup melsayakan langkah ini tanpa tunjangan orang dewasa.
|
menggunakan piring untuk mencetak contoh piringan jam |
- Hasilnya akan menyerupai gambar di bawah ini. Tampak sebuah bulat (walaupun tak sempurna).
|
ini lingkarannya dengan contoh piring tadi |
- Langkah selanjutnya yaitu menggunting bulat tersebut, yg akan menjadi piringan media pembelajaran jam ini.
|
menggunting contoh bulat untuk piringan jam |
- Jika lingkarannya sudah dipotong, langkah selanjutnya yaitu menuliskan angka-angka pada piringan jam. Tetapi sebelumnya kita perlu membagi sama bulat itu menjadi 12 bab sehingga saat anak menuliskan angka-angka 1 hingga 12 itu berada pada posisi relatif tepat.
- Caranya yaitu dengan melipat-lipat bulat itu berdasarkan garis tengahnya. Perhatikan cara alifa melipat piringan karton untuk melsayakan ini.
|
lipat piringan untuk memudahkan membagi piringan menjadi 12 titik |
- Selanjutnya berilah titik-titik kawasan nanti anak menuliskan angka 1 hingga 12 itu. Lihat gambar berikut. Acuannya yaitu bekas lipatan-lipatan kertas. Ada 12 titik yg harus dibuat. Cara mudahnya, lipat beberapa kali supaya sanggup memilih titik dengan posisi yg cukup sayarat.
|
menandai titik titik untuk angka jam dengan spidol |
- Berikutnya, kita harus membuat. jarum panjang dan jarum pendek. Jarum panjang untuk penunjuk posisi menit, sedangkan jarum pendek untuk penunjuk posisi jam. Gunakan warna yg berbeda untuk karton yg dipakai. Alifa memakai warna kuning untuk jarum panjang, sedang untuk jarum pendeknya ia lebih suka memakai warna pink.
|
membuat. jarum jam dari kertas karton berwarna |
- Bentuk jarum jamnya tidak usah terlalu rumit ya. Perhatikan gambar berikut. Alifa membuat. bentuk jarum yg sangat sederhana.
- Jika sudah dibuat, cobalah mencocokkan panjang kedua jarum dengan piringan jam, potong bila terlalu panjang, contohnya kalau ujung jarum menutupi angka pada piringan jam nantinya.
|
mencoba-coba mencocokkan ukuran panjang jarum jarum jamnya |
- Langkah berikutnya yaitu membuat. lubang di tengah piringan jam. Caranya lipat kembali piringan jam sehingga tampak menyerupai gambar berikut, kemudian potong bab yg runcing pada lipatan itu.
|
melubangi tengah piringan jam untuk menempatkkannya pada poros jam |
- Sekarang buka lipatan piringan. Lalu tulis dengan spidol angka-angka penunjuk jam dari 1 hingga 12. Hati-hati jangan hingga salah meletakkan angkanya. Ingat, angka 12 ada di posisi paling atas ya. Gunakan spidol untuk menuliskan angka ini pada piringan kertas.
|
menuliskan angka-angka pada piringan jam |
- Piringan jam, beserta kedua jarumnya sudah siap. Sekarang mengurus kotak bekas kemasan sarungnya.
- Pada kotak kita akan membuat. poros jam. Gunakan batangan lem tembak ukuran kecil. Potong dengan cutter atau pisau, panjangnya sekitar 2,5 cm. Hati-hati dan bantu anak anda bila ingin melsayakannya sendiri menyerupai Alifa.
|
menyiapkan poros jam dari batangan plastik lem tembak |
- Berikutnya kita akan menempelkan batangan lem tembak tadi ke tengah-tengah kotak sarung untuk menjadi poros jam. Bantu anak melsayakannya alasannya di sini kita memakai lem tembak (hot glue gun) yg dipanaskan. Cairan lem yg meleleh dan ujung pistol lem sangat panas dan sanggup membuat. luka bakar bila terkena kulit. Berhati-hatilah.
|
menempelkan poros jam pada kotak sarung |
- Nah, bila poros jam dari batangan lem tembak sudah dipasang alhasil akan tampak menyerupai gambar berikut.
|
nah..ini ia poros jam nya, sudah melekat dan beridiri tegak di tengah tengah kotak |
- Langkah selanjutnya yaitu menempelkan piringan jam media pembelajaran kita. Gunakan lem kertas pada bab belakang piringan yg telah dibentuk (pada bab yg tidak ditulisi angka). Berikan lem secukupnya pada pinggirin piringan dan beberapa bab tengah supaya kertas ini nantinya benar-benar melekat dengan besar lengan berkuasa pada kotak sarung.
|
memberi lem pada belakang piringan jam untuk ditempelkan pada kotak sarung |
- Pasang piringan pada kotak. Posisikan sedemikian rupa sehingga angka 12 ada di bab yg akan menjadi bab atas media mencar ilmu jam ini. Perhatikan Alifa menempelkan piringan pada kotak sarung pada gambar berikut.
|
menempelkan piringan jam, awas ... angka 12 di atas ya |
- Berikutnya lubangi pangkal dari kertas-kertas yg akan difungsikan sbg jarum panjang dan jarum pendek dengan gunting. Buatlah lubang yg sedikit lebih kecil dari diameter batangan lem tembak (poros jam).
- Masukkan kedua jarum jam ke porosnya menyerupai gambar di bawah ini.
|
memasang jarum-jarum jam pada porosnya, dan jam siap digunakan untuk belajar |
Nah, bila sudah dipasang, maka media pembelajaran sederhana dari barang bekas berbentuk jam jam-an mainan ini sudah sanggup dipakai.
Tips Menggunakan
- Mulailah dengan mengajarkan jam pada posisi tepat pukul 1, pukul 2, dan seterusnya yg ditunjukkan dengan jarum panjang di angka 12.
- Lanjutkan dengan jam pada posisi lewat 30 menit.
- Barulah bila anak paham, sanggup dilanjutkan dengan mengajar mereka membaca jam pada posisi pukul berapapun.
Demikian cara membuat. media pembelajaran untuk anak sekolah dasar (SD) berupa media mencar ilmu JAM dari kotak sarum bekas dan kertas karton berwarna.
0 Response to "Cara Menciptakan Media Pembelajaran Sd: Model Jam"
Post a Comment